Senin, April 18, 2016

Cara Pemisahan Suku Kata


 
1.      Pemenggalan Kata Dasar

Kata dasar dipenggal dengan aturan:
a.       Jika ditengah kata dasar ada dua huruf vocal, pemenggalan dilakukan diantara kedua huruf vocal tersebut.
Contoh : ba-ik, kli-en, pu-ing, su-ara, a-ir, sya-ir, bu-ah, ma-in, sa-at.
b.   Jika ditengah kata dasar ada huruf konsonan di antara dua huruf vocal, maka pemenggalan dilakukan sebelum huruf konsonan tersebut.
            Contoh : a-hir, a-tik, ba-ngun, ba-pak, la-wan, ru-mah, se-nang, po-hon, han-nyut.
Gabugan huruf ng pada kata bangun, kh pada kata akhir, dan ny pada kata hanyut dianggap sebagai satu kesatuan karena gabungan huruf-huruf tersebut melambangkan sebuah fonem. Pemenggalannya dilakukan sebelum gabungan huruf tersebut.
c.    Jika di tengah kata dasar terdapat tiga huruf konsonan berurutan yang bukan gabungan konsonan, pemenggalan dilakukan di antara konsonan pertama, termasuk gabungan huruf konsonan dengan dengan huruf yang kedua.
            Contoh :  Cap-lok, lam-bat, han-tam, pin-dah, nya-nyi, ung-gah, ung-kap.
d.    Jika di tengah kata dasar terdapat tiga huruf konsonan atau lebih, pemenggalan dilakukan diantara konsonan yang pertama, termasuk gabungan huruf konsonan dengan huruf yang kdua.
            Contoh : am-bruk, bang-krut, in-struk-si, kon-trak, ul-tra, ben-trok, in-fra.


2.      Pemenggalan Kata Berimbuhan
a.       Imbuhan, termasuk awalan yang mengalami perubahan bentuk dan partikel-partikel seperti kah dan lah yang biasanya ditulis serangkai dengan kata dasarnya, pemenggalan kata dipisah sebagai satu kesatuan.
Contoh : a-suh-han, di-am-lah, sa-ya-kah, mem-be-ri-kan.
b.      Sisipan  -el-, -em-, dan  -er-  dalam pemenggalan tidak diperhitungkan  sebagai satu kesatuan, melainkan sebagai begian dari kata.
Contoh : ge-me-tar, ge-ri-gi, tu-lun-juk.

3.      Pemenggalan Kata Kompleks
Kata kompleks yaitu kata yang terdiri dari dua unsur atau lebih, pemenggalan berdasarkan pada unsur-unsur bentukan  kata.
Contoh : fo-to-gra-fi, bi-o-lo-gi, ki-lo-me-ter, me-nya-tu-ra-ga-kan.



Referensi
Widjono Hs, Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi, (Jakarta: PT Grasindo, anggota Ikapi, Edisi revisi  2012), h. 75-76.
http://luk.staff.ugm.ac.id/ta/Suwardjono/EYD.pdf (diakses pada tanggal 18 April 2016, pukul 16:09 WIB).
http://www.carasyamsu.com/2015/06/cara-pemisahan-suku-kata-pada-kata-dasar.html (diakses pada tanggal 18 April 2016, pukul 16:13 WIB).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi 3: Model dan Standar Profesi di USA

Meningkatnya implementasi dibidang Teknologi Informasi (TI) pada jaringan perusahaan menyebabkan kebutuhan tenaga IT bertambah, hal ini tid...