Kamis, Mei 05, 2016

Definisi Istilah – Pengertian dan Jenis Definisi



A.    Pengertian Definisi
Istilah "definisi" berasal dari kata Latin definitio yang berarti "penentuan arti" atau "pembatasan". Definisi mempunyai beberapa pengertian, yaitu
1)      Kata, frasa, atau kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan atau cirri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas
2)      Batasan arti
3)      Rumusan tentang ruang lingkup dan ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembicaraan atau studi (Kamus Besar Bahasa Indonesia).
4)      Uraian pengertian yang berfungsi membatasi objek, konsep, keadaan berdasarkan waktu dan tempat sesuai dengan kejadian.

B.     Jenis Definisi
a.       Definisi Nominal
Definisi nominal berupa pengertian singkat. Definiens pada jenis definisi jenis ini ada tiga macam, yaitu:
-          Sinonim atau padanan, contoh : manusia ialah orang, perempuan ialah wanita
-          Terjemahan dari bahasa lain, contoh : kinerja ialah performance, pengembang ialah developer
-          Asal-usul sebuah kata, contoh : psikologi berasal dari kata psyche berarti jiwa, dan logos berarti ilmu. Psikologi ialah ilmu jiwa
b.      Definisi Formal
Definisi formal disebut juga definisi terminologis, yaitu definisi yang disusun berdasarkan logika formal yang terdiri dari  tiga unsur. Struktur definisi ini berupa kelas, genus, dan pembeda (deferensiasi). Ketiga unsur tersebut harus tampak dalam definiens.
Contoh :
Manusia adalah makhluk yang berakal budi
Hewan adalah makhluk yang hidup berdasarkan naluri dan insting
Mahasiswa adalah pelajar di perguruan tinggi

c.       Definisi Operasional
Adalah batasan pengertian yang dijadikan pedoman untuk melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan, misalnya penelitian. Definisi ini juga disebut definisi subjektif karena disusun berdasarkan keinginan orang yang akan melakukan pekerjaan.
Contoh :
Prestasi mahasiswa adalah indeks prestasi kumulatif yang diperoleh sejak awal kuliah sampai dengan akhir perkuliahan
d.      Definisi Paradigmatis
Bertujuan untuk mempengaruhi pola berpikir orang lain.
Contoh :
Pendidikan adalah upaya mendewasakan anak didik
Kekayaan laut merupakan potensi alam yang dapat memenuhi dua pertiga kebutuhan hidup bangsa
e.       Defenisi Real
Defenisi real dianggap searti dengan definisi analitis atau definisi eksplikatif. Definisi real dapat dibagi menjadi definisi esensial dan definisi deskriptif.
f.       Definisi Deskriptif
Definisi deskriptif adalah penjelasan yang mengacu pada uraian tentang ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh sesuatu yang dijelaskan itu. Definisi deskriptif dapat dibedakan lagi atas definisi kausal, definisi genetik, dan definisi aksidental.
g.      Definisi Esensial
Definisi esensial adalah definisi yang benar-benar sanggup memberi pengertian yang hakiki tentang sesuatu yang hendak dijelaskan. Definisi esensial adalah penjelasan lewat uraian bagian-bagian yang esensial tentang sesuatu tersebut. Prinsip penyusunan definisi esensial ialah pergenus et differentiam, yakni penyusunan definisi dari genus proximum (proximate genus) dan differentia specifica. Definisi esensial dapat dibedakan lagi atas definisi esensial fisik dan definisi esensial metafisik.
h.      Definisi Esensial Fisik: Definisi esensial fisik adalah penjelasan yang mengacu pada uraian bagian-bagian yang mewujudkan esensi sesuatu yang menjadi definiendum. Sebagai contoh, manusia adalah "hewan berakal budi yang terdiri atas tubuh dan jiwa".
i.        Definisi Esensial Metafisik
Definisi Esensial Metafisik adalah definisi yang paling ideal, yang benar-benar terdiri atas genus proximum dan differentia specifica. Contoh klasik yang paling terkenal ialah dibuat oleh Aristoteles, yaitu homo est animal rationale (manusia adalah "hewan yang berakal budi").
j.        Definisi Luas
Adalah batasan pengertian yang sekurang-kurangnya terdiri atas satu paragraph. Definisi ini hanya berisi satu gagasan yang didefinisika.



Referensi
Widjono Hs, Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi, (Jakarta: PT Grasindo, anggota Ikapi, Edisi revisi  2012), h. 148-153.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi 3: Model dan Standar Profesi di USA

Meningkatnya implementasi dibidang Teknologi Informasi (TI) pada jaringan perusahaan menyebabkan kebutuhan tenaga IT bertambah, hal ini tid...