Jumat, Juni 10, 2016

Membaca Memindai



Membaca memindai atau scanning bertujuan untuk menemukan informasi-informasi penting dalam bacaan  dengan waktu yang relative lebih cepat dibandingkan cara membaca biasa. Membaca memindai bisa dilakukan saat membaca Koran, buku petunjuk telepon, buku pelajaran, dan kamus.
Ada hal umum yang perlu kamu lakukan ketika membaca memindai. Hal umum tersebut dilakukan agar informasi yang dicari segera didapatkan.
  • Hindari membaca dengan menggerakkan mata atau kepala sesuai dengan arah tek. Membaca seperti ini tidak efektif karena banyak kata-kata yang tidak perlu dan tidak mengandung informasi ikut terbaca sehingga banyak waktu yang terbuang.

Ada dua cara menggerakkan bola mata pada teknik membaca memindai.
  1. Arah tengah ke bawah
Pertama kali membaca, arahkan mata pada bagian tengah teks yang memuat informasi tentang judul teks.selanjutnya, mata diarahkan meluncur mulai bagian tengah teks sampai ke bagian bawah teks.
2. Membuat pola S atau zig-zag
Pertama kali membaca, arahkan mata pada bagian awal teks, baik mulai sebelah kiri atau kanan sesuai dengan carapenulisan teks. Kemudian, gerakkan mata ke samping lalu menyerong ke bawah dan begitu seterusnya sampai teks selesai.

Kedua teknik tersebut dilakukan untuk menemukan informasi lebih cepat. Perlu diingatkan kembali bahwa dalam membaca memindai yang digerakkan bukanlah kepala melainkan bola mata atau pandangan mata.

  • Kenalilah struktur bacaan untk memperkirakan letak kata atau istilah yang dicari. Setiap tulisan yang baik tersruktur dalam urutan yang teratur. Dalam struktur tulisan tentulah ada pokok-pokok pembicaraan yang dapat kamu temukan. Ketika memindai buku, cobalah cari kata atau istilah yang diinginkan melalui daftra isi dan indeks. Dengan cara ini, kamu akan menemukan informasi tersebut dengan lebih cepat dan mudah tanpa harus membaca keseluruhan isi buku.

  • Bacalah teks tersebut seperti kamu melihat foto pemandangan. Tentunya ketika melihat foto pemandangan hutan, kamu tidak akan melihat pohon-pohon satu per satu. Kamu akan melihatppohon-pohon itu secara sekilas. Hal ini dapat kamu terapkan ketika membaca teks. Kamu dapat melihat keseluruhan teks secara sekilas. Apabila ada sesuatu yang menarik perhatian, barulah kamu baca lebih teliti.

  • Temukan kata kunci pada teks yang sedang dibaca. Kata kunci adalah kata yang menjadi inti masalah yang dibicarakan. Dengan menemukan kata kunci, kamu akan memahami apa yang menjadi pokok pembicaraan.
Sumber:
Muslim, M.Umar dan Kushartanti. 2011. Bahasa Indonesia untuk SMP dan MTs Kelas VII. Jakarta: Dian Rakyat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi 3: Model dan Standar Profesi di USA

Meningkatnya implementasi dibidang Teknologi Informasi (TI) pada jaringan perusahaan menyebabkan kebutuhan tenaga IT bertambah, hal ini tid...