Jumat, Juni 10, 2016

Menulis Buku Harian dengan Memerhatikan Cara Pengungkapan dan Bahasa yang Baik dan Benar



Buku harian merupakan sebuah buku yang khusus digunakan untuk menuliskan hal-hal pribadi yang berkaitan erat dengan pemilikinya . tulisan dalam sebuah buku harian memiliki ciri tersendiri. Salah satu cirinya ialah pembubuhan tanggal penulisan. Ketika menulis pengalaman pribadi dalam buku harian, ada bebrapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:
  1. Cara Pengungkapan
Cara pengungkapan berkaitan dengan situasi peristiwa yang terjadi. Misalnya, situasi peristiwa yang ingin dituliskan adalah situasi bahagia maka kamu pun akan menggunakan kalimat-kalimat yang menggambarkan kebahagiaan.

  1. Bahasa
Bahasa berkaitan dengan bahasa yang baik dan benar, serta santun. Bahasa yang baik dan benar merupakan bahasa yang sesuai dengan aturan kebahasaan dan situasi pemakainya. Sementara itu, bahasa yang santun dipergunakan untuk tujuan etika berbahasa. Tujuan digunakannya bahasa yang baik dan benar, serta santun ketika menulis sebuah buku harian adalah agar tulisannya menjadi menarik untuk pembacanya.
Sumber:
Muslim, M.Umar dan Kushartanti. 2011. Bahasa Indonesia untuk SMP dan MTs Kelas VII. Jakarta: Dian Rakyat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi 3: Model dan Standar Profesi di USA

Meningkatnya implementasi dibidang Teknologi Informasi (TI) pada jaringan perusahaan menyebabkan kebutuhan tenaga IT bertambah, hal ini tid...