Senin, Juli 18, 2016

Cara Menuliskan Gelar dan Singkatan



Berikut ini adalah tata cara penulisan gelar akademik yang benar menurut EYD yang telah disepakati bersama. Aturan ini menetapkan penulisan singkatan, tanda baca seperti pemakain titik (.) dan koma (,) yang benar:
1.      Setiap gelar ditulis dengan menggunakan tanda titik sebagai penghubung antara huruf pada singkatan gelar yang dimaksud.
2.      Gelar ditulis sesudah atau sebelum nama seseorang.
3.      Nama orang dan gelar dihubungkan dengan tanda koma (,)
4.      Jika seseorang menyandang gelar lebih dari satu, maka gelar-gelar tersebut dipisahkan dengan tanda koma. Contoh = Aria Nugraha, S,Pd., M.Pd.
Penulisan gelar sebenarnya mengikuti aturan penulisan pada singkatan. Contohnya adalah penulisan gelar sarjana pendidikan yang penulisannya S.Pd. merupakan singkatan. Huruf S ditulis dengan huruf besar karena merupakan singkatan dari satu kata Sarjana, sedangkan huruf D ditulis dengan huruf kecil karena merupakan bagian dari rangkaian kata pendidikan. Hal ini berlaku juga untuk penulisan gelar yang lain seperti, S.ked., S.Ag., S.Si., dan lain-lain. Sementara itu untuk penulisan gelar pada sarjana ekonomi, hanya ditulis S.E dimana huruf S singktan dari kata sarjana dan E dari kata ekonomi.
Contoh penulisan gelar diploma
Aria Nugraha, A.Md.
 Aria Nugraha, A.Ma.

Contoh penulisan gelar sarjana S1 yang benar.
Aria Nugraha, S.Ag.
Aria Nugraha, S.Pd.
Aria Nugraha, S.Si.
Aria Nugraha, S.Psi.


Contoh penulisan gelar magister (S2)
Aria Nugraha, M.Pd.
Aria Nugraha, M.H.
Aria Nugraha, M. Si
Gelar Doktor (S3)
Doktor = Dr.
Catatan: Untuk gelar doktor dan professor ditulis di depan nama si penyandang gelar
Contoh:
Dr. Aria Nugraha
Prof. Aria Nugraha
Prof. Dr. Aria Nugraha


Referensi
http://www.anneahira.com/cara-penulisan-gelar.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi 3: Model dan Standar Profesi di USA

Meningkatnya implementasi dibidang Teknologi Informasi (TI) pada jaringan perusahaan menyebabkan kebutuhan tenaga IT bertambah, hal ini tid...