Senin, Juli 18, 2016

Kalimat Penjelas



Kalimat penjelas adalah kalimat-kalimat yang isinya merupakan penjelasan, uraian, atau berupa rincian-rincian detail tentang kalimat utama suatu paragraf. kalimat penjelas biasanya berupa contoh, data, uraian penjelasan dari kalimat utama. Oleh karena itu, semakin banyak suatu kalimat penjelas di dalam sebuah paragraf, maka semakin kuat gagasan utama paragraf tersebut, sehingga paragraf tersebut semakin baik.
Perhatikanlah contoh paragraf di bawah ini.
Manusia sangat membutuhkan manusia lainnya. Hal ini dikarenakan manusia tidak bisa hidup sendiri. Hampir semua aspek kehidupan di dunia ini tidak ada yang bisa dilakukan oleh manusia sendiri contohnya adalah makan. Kita tidak bisa memenuhi kehidupan kita yang satu ini tanpa bantua orang lain. Kita membutuhkan orang lain untuk menanam padi, sayuran sehingga kita bisa memakannya. Bahkan ketika kita mati pun kita masih membutuhkan orang lain untuk memandikan dan mengebumikan jenazah kita.
Berikut ini adalah kalimat-kalimat penjelas dari paragraf di atas.
Kalimat penjelas:
1.      Hal ini dikarenakan manusia tidak bisa hidup sendiri.
2.      Hampir semua aspek kehidupan di dunia ini tidak ada yang bisa dilakukan oleh manusia sendiri contohnya adalah makan.
3.      Kita tidak bisa memenuhi kehidupan kita yang satu ini tanpa bantua orang lain.
4.      Kita membutuhkan orang lain untuk menanam padi, dan sayuran sehingga kita bisa memakannya.
5.      Bahkan ketika kita mati pun kita masih membutuhkan orang lain untuk memandikan dan mengebumikan jenazah kita.
Kalimat-kalimat yang saling berhubungan tersebut membentuk satu kesatuan paragraf yang padu.


Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi 3: Model dan Standar Profesi di USA

Meningkatnya implementasi dibidang Teknologi Informasi (TI) pada jaringan perusahaan menyebabkan kebutuhan tenaga IT bertambah, hal ini tid...