Jumat, Juli 15, 2016

Pengertian dan Contoh Peribahasa



Pengertian Peribahasa
Peribahasa merupakan ragam dalam bahasa Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yang tetap susunannya, biasanya mengiaskan maksud tertentu (dalam peribahasa termasuk juga bidal, ungkapan, perumpamaan.  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yang tetap susunannya, biasanya mengiaskan maksud tertentu (dalam peribahasa termasuk juga bidal, ungkapan, perumpamaan.
 Dalam pengertian lain, peribahasa merupakan kelompok kata atau kalimat yang mengungkapkan sesuatu dengan makna kias. Perbedaaan mendasar antara peribahasa dan ungkapan adalah bahwa ungkapan adalah gabungan kata, biasanya 1-3 kata, sementara peribahasa umumnya berbentuk kalimat. Kesamaannya adalah pada maknanya, yang bukan makna harfiah melainkan makna kias. Mengenai ungkapan dan contohnya dapat dilihat di sini.

Contoh Peribahasa
·         Belum bertaji hendak berkokok. Artinya : Belum berilmu/kaya/berkuasa sudah hendak menyombongkan diri. 
·         Daripada hidup bercermin bangkai, lebih baik mati berkalang tanah. Artinya : Daripada hidup menanggung malu lebih baik mati. 
·         Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Artinya : Kita harus menyesuaikan diri dengan adat dan keadaan tempat tinggal yang kita tempati. 
·         Gajah mati karena gadingnya. Artinya : Orang yang mendapat kecelakaan atau binasa karena keunggulannya / tabiatnya.
·         Duduk sama rendah, tegak ( berdiri ) sama tinggi. Artinya : sama kedudukannya ( tingkatannya atau martabatnya ). 
·         Bumi tidak selebar daun kelor. Artinya : Dunia tidak sempit. 
·         Cepat kaki ringan tangan. Artinya : Suka menolong sesama umat. 
·         Berguru ke padang datar, dapat rusa belang kaki. Berguru kepalang ajar, bagai bunga kembang tak jadi. Artinya : Belajar harus sungguh-sungguh, jangan terputus di tengah jalan. 
·         Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Artinya : Bersama-sama dalam suka dan duka, baik buruk sama-sama ditanggung. 
·         Besar pasak daripada tiang. Artinya : Besar pengeluaran daripada pendapatan.
·         Bertepuk sebelah tangan . Artinya : Kebaikan yang hanya dari satu pihak.

Referensi
http://pelajaranbahasaindonesia.com/2016/01/04/peribahasa-pengertian-dan-contoh-peribahasa-terlengkap-disertai-maknanya/ (diakses pada tanggal 15 Juli 2016, pukul 23:18 wib)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi 3: Model dan Standar Profesi di USA

Meningkatnya implementasi dibidang Teknologi Informasi (TI) pada jaringan perusahaan menyebabkan kebutuhan tenaga IT bertambah, hal ini tid...