Kamis, Juli 14, 2016

Membaca Memindai


A.      Pengertian Membaca Memindai
Membaca memindai adalah suatu teknik membaca untuk menemukan informasi secara cepat, dengan cara menyapu kata demi kata dan halaman secara merata.
B.      Tujuan Membaca Memindai
Dalam kehidupan sehari-hari, teknik membaca memindai digunakan dengan tujuan, antara lain menemukan topik tertentu, memilih acara tertentu, menemukan kata dalam kamus, mencari nomor telepon dalam buku petunjuk telepon, dan mencari entri pada indeks (Soedarso, 2004: 96).
C.      Langkah-langkah Membaca Memindai
a.     Tentukan istilah apa yang akan dicari dalam buku tersebut. Misalnya akan mencari penjelasan kata “analogi” dalam buku “Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga”
b.    Carilah istilah “analogi” pada daftar Indeks tersebut. Gerakkan mata secara sitematis dan cepat; seperti anak panah, langsung ke tengah meluncur ke bawah dengan pola zig-zag.
c.     Setelah ditemukan, lambatkan kecepatan membaca untuk meyakinkan kebenaran dari istilah yang kamu cari. Kamu akan menemukan istilah tersebut tertulis analogi, 31, 228 artinya kata analogi terdapat pada halaman 31 dan 228.
d.    Selanjutnya pandangan mata dapat langsung meluncur mencari istilah itu dengan membuka buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia pada halaman 31 untuk mencari istilah tersebut
e.    Sudah ditemukan bukan? Ya, ternyata istilah “analogi” terletak di halaman 31, baris pertama dan baris ke-5. Cepat bukan? Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 menit untuk menemukan istilah tersebut. Coba bandingkan jika mencari istilah tersebut tidak menggunakan indeks, tentu akan memerlukan waktu yang cukup lama.


Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi 3: Model dan Standar Profesi di USA

Meningkatnya implementasi dibidang Teknologi Informasi (TI) pada jaringan perusahaan menyebabkan kebutuhan tenaga IT bertambah, hal ini tid...